SEBAB-SEBAB DAKWAH

Sebab-sebab dakwah adalah karena Allah Swt, telah memerintahkan kepada manusia dan Jin untuk menyembah hanya kepada Allah Swt tanpa mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Maka cara yang ditempuh-Nya tiada lain adalah dengan mengutus para Rasul untuk menyampaikan dan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjadikannya sebagai tugas dan kewajiban. Dengan demikian tugas dan kewajiban ini berlaku juga bagi setiap manusia yang sudah mengikrarkan diri dalam syahadatnya. Paling tidak dapat dikemukakan enam tugas dan kewajiban tersebut:
1. Memberikan bimbingan kepada akal manusia untuk mengenal Allah dalam segala aspek dengan manhaj yang telah ditentukan oleh Allah Swt.
2. Memberitahukan kepada ummat manusia kabar-kabar ghaib yang perlu diketahui manusia. Hal ini dilakukan guna mendatangkan ketenangan dan hati yang jernih, sehingga dalam beribadah manusia mendapatkan nikmatnya.
3. Menerangkan apa yang dihalalkan oleh Allah dan apa yang diharamkan-Nya bagi manusia.
4. Memberikan pengarahan kepada manusia dan menganjurkan kepada mereka agar hidup didunia ini mengedepankan persaudaraan dan saling mencintai dengan tetap menjadikannya sebagai ibadah demi kemajuan Islam.
5. Memperhalus jiwa dan mendidik jiwa mereka dengan cara mengarahkan jiwa dan akhlak pada nilai-nilai yang mulia.
6. menerangkan apa yang menjadi pertentangan umat manusia, konflik-konflik yang terjadi akibat syahwat manusia.
Selain enam tugas dan kewajiban diatas, maka dapat disebutkan disini bahwa sebab-sebab dakwah adalah karena manusia menginginkan kehidupan yang bahagia, yang tidak hanya mengandalkan akal dalam mencapainya melainkan juga dibutuhkan wahyu dan bimbingan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s