Sejarah Dakwah; Tinjauan Dakwah Nabi dan Rasul Allah Swt

Di dalam kehidupan Isa Al-Masih dan dakwahnya, liku-liku perjuanganya ditengah bani Isralil, bahkan posisinya bersama para pendukungnya sekalipun, terdapat petunjuk-petunjuk yang dapat dijadikan landasan dan suluh bagi para da’i. kisah Al-Masih adalah kisah dakwah yang sangat indah bisa dilacak bekas-bekasnya untuk diambil pelajaran.
Adapun beberapa petunjuk yang ada dalam tonggak sejarah dakwah Isa yang bisa diambil pelajaran adalah:
1. Meskipun jelas kemukjizatannya yang datang dari Allah tentang penciptaan Isa bin Maryam, yang lahir dari seorang perempuan yang tanpa disentuh oleh manusia (lelaki), sebagaimana halnya penciptaan Hawa dari laki-laki tanpa melalui hubungan intim dengan perempuan, begitu juga dengan penciptaan adam tanpa persetubuhan antara laki-laki dan perempuan. Semua itu adalah mukjizat yang besar. Namun semakin banyak mukjizat dan bukti-bukti yang dikemukakan oleh para nabi dan rasul, masih anyak orang yang menentangnya. Demikian juga bagi para dai, mereka harus siap menerima cercaan, tamparan dan perlawanan dari orang-orang yang mendustakan kebenaran. Dalam menghadapi semua itu, para dai harus sabar dan berserah diri kepada Allah SWT.
2. Orang-orang kafir dan pembangkang selamanya tidak akan pernah kendor atau bosan dalam menentang keimanan, petunjuk dan kebenaran. Maka bagi dai haruslah lapang dada dalam orang-orang kafir tersebut.
3. Pada kisah Isa al-masih tersebut dapat dilihat bahwa perjuangannya juga dilakukan bersama-sama orang yang ikhlas dan mau mendidik mereka (Hawariyyun). Begitupun bagi para dai, mereka harus merangkul para ulama lainnya dan para ahli-ahli pada bidangnya masing-masing, dengan syarat mereka harus ikhlas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s