Pendidikan Sebagai Alat Dakwah

Pendidikan adalah tiang utama dari kebangkitan suatu bangsa, dimana seluruh bangsa sangat berharap besar terhadap pendidikan, ini disebabkan karena pendidikan merupakan sarana untuk mencerdaskan bangsa. Selain itu, pendidikan merupakan salah satu visi Islam, secara tegas dinyatakan dalam wahyu pertama yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw.
Pendidikan sebagai alat dakwah yang dimaksud disini adalah pendidikan yang bertujuan membentuk pribadi yang utuh, baik secara moral maupun intelektual. Oleh karenanya dibutuhkan segenap usaha untuk membangkitkan sistim pendidikan saat ini.
Saat ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan mesti direformasi total, yaitu:
1. Para pelajar yang larut dalam moderenisasi membuat mereka merengguk kebathilan demi kebathilan, diantaranya meniru yang tidak patut ditiru, pergaulan bebas, Dsb.
2. Pendidikan yang ada saat ini cendrung memilah dan memisah-misah disiplin ilmu pengetahuan, sehingga membuat ilmu agama seolah-olah menjadi disiplin ilmu nomor 2
3. Para pendidik dan pemegang kebijakan pendidikan larut dalam kemegahan pendidikan barat, sehingga membuat mereka menjadikan barat sebagai cermin bagi sistim pendidikan di negeri ini.

Satu tanggapan untuk “Pendidikan Sebagai Alat Dakwah”

  1. assalamualaikum
    setelah saya baca sebagian teks yang ada di monitor. tolong perbanyak lagi materinya.

Tinggalkan komentar